13-11-2014 | Oleh : Wahyu Praditya Purnomo
Google Waze Bantu Pemprov DKI Atasi Macet
Facebook Twitter Google Digg LinkedIn Email
Beri Rating Produk :


 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum lama ini menggelar kerjasama dengan Waze, sebuah layanan navigasi berbasis pengguna besutan Google, dalam mengatasi kemacetan di ibukota yang kian hari kian parah.

Aplikasi ini akan memberikan informasi terkait kondisi lalu lintas seperti penutupan jalan, kemacetan, kecelakaan, pengalihan arus serta informasi lainnya kepada masyarakat, khususnya pengendara.

Kepala Dinas Perhubungan (Ka Dishub) DKI Jakarta, M Akbar mengatakan, kerjasama Pemprov DKI dengan Waze bertujuan untuk memberitahu kepada pengguna jalan mengenai kondisi lalulinas terkini, sehingga pengendara dapat memilih jalan alternatif lain agar kondisi lalu lintas tidak semakin padat.

"Kerjasama ini terkait dengan transfer data milik Dishub DKI dan Google Waze, sehingga masyarakat mendapatkan informasi terbaru dan dapat meresponnya. Misalnya Dishub punya data kecepatan lalu lintas di setiap ruas jalan, data itu akan kami berikan ke Waze, kemudian masyarakat yang menggunakan aplikasi akan tahu mana saja jalan-jalan yang lancar dan macet," kata M Akbar.

Connected Citizen Program Manager Google Waze, Paige Fitzgerald, ‎mengatakan dalam kerjasama ini pihaknya akan membantu Jakarta menjadi 'smart city' atau 'kota pintar' dalam bidang lalu lintas.

Diungkapkanya, selain Jakarta ada 9 kota besar yang menjalin kerjasama dengan Google Waze, yakni Rio de Janeiro (Brasil), Barcelona (Spanyol), Tel Aviv (Israel), San Jose (Kosta Rika), Boston (AS), Los Angeles (AS), New York (AS), Utah (AS), dan Florida (AS).

Seperti diketahui, Waze adalah sebuah piranti lunak navigasi gratis untuk smartphone dan tablet yang memiliki GPS. Waze bisa diunduh dari negara manapun di dunia termasuk Indonesia, namun peta dasar untuk Indonesia belum tersedia sehingga kontribusi pengguna sangat diutamakan.

Waze akan memberikan informasi mengenai kecelakaan, kemacetan jalan, keadaan lalu lintas, berdasarkan kondisi nyata yang dilaporkan para penggunanya. Pengguna Waze juga bisa melakukan pemutakhiran peta, pemberian nomor rumah atau bangunan, penandaan lokasi secara pribadi dan langsung.

Waze juga mempunyai fasilitas ngobrol atau chatting. Ini memberikan poin untuk setiap kegiatan yang dilakukan seperti menjelajah, memutakhirkan peta, dan peristiwa khusus lainnya.(why)





 
News
 
  Apple Patenkan Stylus untuk Berbagai Permukaan
  Energizer Rambah Bisnis Ponsel
  Helmet Pintar Lengkap dengan Penunjuk Arah
  Xiaomi Arch Tampilkan Layar Tepi
  Akses Gmail Diblokir di China
  Ternyata Gmail Rentan Diserang Hacker
Tips & Trik
 
  Ponsel Terendam Air ? Inilah Cara Mengatasinya
  Beberapa Cara Agar Android Tak Mudah Hang
  Cara Memilih Tablet Berkualitas
  Tips Agar Android Lebih Ngebut

 

 

 

© Copyright ponselgadget 2014. All rights reserved.